Tugas 2 PPL - Perancangan Berbasis Obyek
Nama : I Gusti Ngurah Ervan Juli Ardana
NRP : 5025211205
Kelas : Perancangan Perangkat Lunak A
Tahun : 2024
Dalam pertemuan mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini, tugas yang diberikan kepada kami adalah diminta untuk mencari contoh informasi mengenai perangkat lunak yang mencakup desain, mulai dari use case hingga model dinamis atau statis. Referensi dapat diambil dari paper, tugas akhir, atau studi kasus di industri. Dari contoh tersebut, analisislah use case dan model (statis atau dinamis) yang ada dalam jurnal tersebut. berikut merupakan judul dan referensi dari tugas yang saya buat:
Perancangan Perangkat Lunak Sistem Rewis
REWIS adalah perangkat lunak berbasis website yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai band Reality Club dan penjualan Merchandise. Proses kerja website ini adalah user bisa masuk sebagai guest atau bisa registrasi account. User guest hanya bisa mengakses beberapa fitur informasi dari band saja, sedangkan user yang memiliki account bisa mengakses semua fitur yang ada, seperti membeli merchandise, discussion forum, dll.
Secara umum, REWIS ini dapat dibagi menjadi 2 berdasarkan pengguna :
Dari sudut pandang user, sistem ini dapat memberikan sejumlah informasi mengenai band Reality Club seperti melihat agenda tour yang sudah lewat atau yang akan datang dan juga melihat ketersediaan tiker dalam agenda tour, melihat beberapa cuplikan dokumentasi foto band di dalam section gallery, melakukan browse keyword yang dapat mencari beberapa informasi yang terdapat di dalam website. Selain itu user dapat mengelola profile user, dapat melakukan diskusi forum, dapat membeli merchandise dari band dan dapat memutarkan preview lagu dari band Reality Club.
Dari sudut pandang admin, sistem ini dapat mengelola forum jika terdapat diskusi yang harus dilakukan perubahan, dapat mengelola preview music jika terdapat preview music yang harus di tambahkan di dalam website, dapat mengelola agenda tour jika terdapat agenda tour yang harus diubah dan juga ditambahkan, serta dapat mengelola gallery jika terdapat beberapa koleksi foto yang akan di perbaharui di dalam website.
Dynamic Model
Use Case
Use case diagram adalah salah satu jenis diagram dalam Unified Modeling Language (UML) yang digunakan untuk menggambarkan interaksi antara pengguna (atau aktor) dengan sistem. Diagram ini menampilkan berbagai fungsi atau layanan (use cases) yang disediakan oleh sistem dan bagaimana aktor berinteraksi dengan fungsi-fungsi tersebut. Use case diagram membantu dalam memahami kebutuhan fungsional dari sistem yang akan dikembangkan. pada referensi ini menggambarkan interaksi antara user dan sistem. berikut merupakan use case dari referensi yang saya gunakan :
Gambar 1. Use Case
Activity Diagram
Activity Diagram adalah salah satu jenis diagram dalam Unified Modeling Language (UML) yang digunakan untuk menggambarkan alur kerja atau aktivitas dalam sistem, baik untuk proses bisnis maupun operasional perangkat lunak. Diagram ini memodelkan urutan kegiatan dan aliran kontrol antar kegiatan tersebut, serta dapat mencakup keputusan, paralelisasi, dan iterasi.
Gambar 2. Diagram Aktivitas Discussion Forum
Gambar 3. Diagram Aktivitas Buying Merchandise
Gambar 4. Diagram Aktivitas Payment Confirmation
Gambar 5. Diagram Aktivitas Manage Forum
Gambar 6. Diagram Aktivitas Browse
Sequence Diagram
Sequence Diagram adalah salah satu jenis diagram dalam Unified Modeling Language (UML) yang digunakan untuk menggambarkan interaksi antara objek dalam suatu sistem selama periode waktu tertentu. Diagram ini menunjukkan bagaimana objek berkomunikasi satu sama lain melalui pesan yang dikirim di antara mereka dalam urutan yang spesifik.
Gambar 7. Sequence Diagaram Discussion Forum
Gambar 8. Diagram Sequence Buying Merchandise
Gambar 9. Diagram Sequence Payment Confirmation
Gambar 10. Diagram Sequence Manage Forum
Gambar 11. Diagram Sequence Browse
Static Model
Class Diagram
Class Diagram adalah salah satu jenis diagram dalam Unified Modeling Language (UML) yang digunakan untuk menggambarkan struktur statis dari sistem perangkat lunak. Diagram ini menunjukkan kelas-kelas dalam sistem, atribut dan metode (operasi) dari setiap kelas, serta hubungan antara kelas-kelas tersebut.
Komentar
Posting Komentar