Tugas 1 PPL - Prinsip Desain Software

Nama     : I Gusti Ngurah Ervan Juli Ardana NRP        : 5025211205 Kelas      : PPL - A Tahun     : 2024


Dalam pertemuan mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini, tugas yang diberikan kepada kami adalah mengidentifikasi proses perancangan perangkat lunak (software design) berdasarkan jurnal/dokumen perancangan perangkat lunak yang kami gunakan sebagai referensi. Dibawah ini adalah Referensi dari analisis yang saya lakukan:


Referensi : 


SISTEM ONLINE UNTUK DOKUMEN PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK BAGI PERUSAHAAN ATAU TIM PENGEMBANG


Identifikasi Proses DPPL : 


Desain Arsitektur : 


Desain Arsitektur merupakan langkah awal dalam proses identifikasi DPPL. Desain arsitektur fokus pada struktur keseluruhan sistem, termasuk elemen-elemen utama dan hubungan antara mereka. Berikut merupakan Desain arsitektur pada referensi yang saya gunakan:





Desain Interface : 


Desain interface berkaitan dengan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan sistem. Ini termasuk desain antarmuka pengguna (UI), navigasi antarmuka, serta elemen-elemen grafis dan kontrol yang akan digunakan. Tujuannya adalah untuk menciptakan antarmuka yang intuitif, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut merupakan design interface yang digunakan :




Gambar 1.. Desain antarmuka halaman daftar nama project


Gambar 2. Halaman tambah versi


Gambar 3. Halaman menu pengantar



Gambar 4. Halaman menu rancangan diagram

Desain Data : 


Desain data berkaitan dengan struktur dan organisasi data dalam sistem. Ini mencakup identifikasi entitas, atribut, dan relasi antara mereka. Selain itu, desain data juga melibatkan pemilihan jenis-jenis basis data yang akan digunakan, skema basis data, serta strategi penyimpanan dan pengambilan data. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa data tersedia secara efisien dan aman, dan dapat mendukung operasi sistem secara keseluruhan. Berikut merupakan design data pada referensi :



Struktur Tabel :







Desain Algoritma : 

Desain algoritma mencakup pengembangan logika dan prosedur yang akan digunakan untuk memproses data dan menjalankan fungsi-fungsi sistem. Ini termasuk pemodelan algoritma, analisis kompleksitas, dan pemilihan struktur data yang sesuai. Tujuannya adalah untuk menciptakan algoritma yang efisien, dapat diandalkan, dan memenuhi kebutuhan fungsional sistem. Berikut merupakan desain algoritma yang digunakan:












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 8 PPL - Estimasi Kapasitas Sistem

Tugas 6 PPL - Studi kasus 1 - Desain Sistem Restauran

Tugas 5 PPL - Low Level Design (LLD)